Saturday, March 4, 2017

3 Teknik Menguasai Pasar Persaingan Dalam Bisnis

3 Teknik Menguasai Pasar Persaingan Dalam Bisnis

Baca Juga

3 Strategi Menguasai Pasar untuk Bisnis Anda
Pemasaran adalah ujung tombak sebuah usaha. Tanpa adanya pemasaran, tak ada gaji untuk membayar karyawan. Tanpa strategi pemasaran yang baik, sebuah usaha akan loyo dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Sebenarnya, pemasaran yang baik merupakan kunci keberhasilan sebuah bisnis. Dalam merancang sebuah strategi pemasaran agar mendapatkan hasil yang optimal, tentu diperlukan untuk menentukan strategi-strategi yang bisa meningkatkan profit usaha. Namun tak sedikit bagi para pelaku usaha yang merasa keteteran dalam merancang strategi menguasai pasar tersebut, karena banyak dari mereka yang masih memiliki persepsi pemasaran itu sulit untuk dilakukan apalagi jika produk yang dibuat adalah baru dan awam di tengah masyarakat.

Dalam kenyataannya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebagai para pelaku usaha adalah dengan mengamati tingkah laku konsumen sebagai subjek sasaran utama usaha Anda.

Hal yang paling penting adalah dengan mengetahui kebutuhan konsumen, karena kenyataannya di pasar setiap konsumen memiliki banyak kebutuhan yang saling berbeda.

Mungkin sekarang di benak Anda terpikir bagaimana cara melayani kebutuhan konsumen yang begitu banyak dan berbeda ?

Apa Anda perlu melayani semua kebutuhan tersebut ? Jawabannya simpel, yaitu tidak. Anda tidak perlu melayani semua kebutuhan konsumen yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda, karena yang harus Anda lakukan adalah fokus pada beberapa produk saja. Anda boleh melakukan berbagai macam bisnis apa saja yang dikehendaki, asalkan fokus satu persatu terlebih dahulu.

Di Indonesia terdapat seorang pengusaha dari sebuah salon l, setelah usaha salon-nya sukses dan tersebar di hampir setiap mall, ia kemudian membuat bisnis restoran donat. Meskipun jenis bisnisnya berbeda, tetapi pengusaha itu fokus terlebih dahulu. Nah, strategi semacam itulah yang dikenal dengan segmentasi pasar.

Tentu saja dalam dunia pemasaran, banyak sekali langkah yang dijadikan strategi jitu untuk menguasai pasar, dalam kenyataannya sekarang sebagai pelaku usaha sudah seharusnya Anda mengetahui strategi-strategi tersebut. Apa saja ? Mari simak ulasan berikut ini.

#1 Strategi Menguasai Pasar melalui Produk

Jangan lihat buku dari sampulnya. Pribahasa yang satu ini sudah begitu populer di tengah telinga masyarakat. Namun, dalam dunia pemasaran sampul atau kemasan merupakan bagian terpenting dalam sebuah produk. Sebaik dan seberkualitas apa pun suatu produk yang diciptakan tanpa adanya tampilan yang memikat hati pelanggan sudah dipastikan produk itu akan kalah bersaing dengan produk serupa yang kualitasnya bisa saja jauh lebih jelek.

Tampilan suatu kemasan produk tidak dapat dilepaskan dari desain. dalam bahasa sehari-hari desain diartikan sebagai sebuah perancangan, rencana, atau gagasan. Desain produk yang baik harus memenuhi kebutuhan masyarakat yang merupakan aktivitas praktis baik meliputi unsur-unsur ekonomi, sosial budaya, dan teknologi. Terlepas dari itu, terdapat beberapa metode desain produk yang setidaknya bisa dilakukan oleh para pelaku untuk menciptakan produk yang mampu memikat pelanggan.

Pertama, Explosing yaitu mencari inspirasi secara kritis untuk menghasilkan suatu desain produk yang belum pernah diciptakan. Kedua, Redifining merupakan  mengolah kembali suatu desain agar menjadi bentuk berbeda dan lebih baik. Ketiga, Managing yaitu menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus. Keempat, Phototyping yaitu memperbaiki atau memodifikasi desain warna nenek moyang atau sarat dengan budaya. Terakhir, Trendspotting yaitu membuat desain produk berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Merek

Bagi konsumen atau pelanggan merek merupakan suatu kebanggaan ketika memakai sebuah produk. Sebab, semakin terkenal sebuah merek semakin mahal pula harga jual produk sehingga membuat pelanggan merasa bangga menggunakannya. Dalam menciptakan merek, pelaku usaha lebih sering dihantui dengan ketakutan terhadap pemberian nama.

Related Posts

3 Teknik Menguasai Pasar Persaingan Dalam Bisnis
4/ 5
Oleh